Rambut putih atau uban biasanya muncul di usia tua.

Meski demikian, uban juga bisa muncul di usia muda karena berbagai faktor, termasuk faktor genetik, kondisi medis, atau gaya hidup.

Uban yang muncul karena faktor genetik tidak bisa dicegah ataupun dikembalikan seperti warna aslinya.

Akan tetapi, uban yang muncul karena kondisi medis ataupun gaya hidup masih bisa dicegah dengan beberapa cara.

Berikut ini merupakan 5 cara mencegah munculnya uban di usia muda : Melansir Medical News Today, makanan yang kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif penyebab munculnya uban di usia muda.

Jenis makanan yang mengandung aktioksidan antara lain buah-buahan, sayuran segar, teh hijau, minyak zaitun, dan ikan.

Jika uban muncul karena kekurangan vitamin, maka solusinya adalah mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Misalnya, makanan laut, telur, dan daging adalah sumber vitamin B12 yang baik.

Sementara susu, salmon, dan keju adalah sumber vitamin D yang sangat baik.

Selain itu, suplemen vitamin yang tersedia tanpa resep juga bisa dijadikan pilihan.

Merokok dapat menyebabkan berbagai efek buruk pada tubuh, termasuk menghilangkan pigmentasi rambut dan memunculkan rambut putih di usia muda.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah munculnya uban adalah dengan berhenti merokok.

Selain faktor internal, cara mencegah munculnya uban di usia muda juga dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor-faktor eksternal.

“Ikuti kebiasaan rambut sehat.

Cobalah untuk menghindari penggunaan panas dan perawatan kimia berulang yang dapat merusak rambut dan sel-sel pigmen.

Batasi paparan, atau lindungi rambut dari racun dan polutan, dan bila mungkin, lindungi rambut dari matahari dengan menutupinya dengan topi atau syal,” kata Ted Lain, dokter kulit bersertifikat dan kepala petugas medis Sanova Dermatology di Austin, Texas.

Menghindari bleaching, menggunakan sisir bergigi lebar, membatasi alat penata rambut dengan suhu tinggi dapat membantu rambut tetap sehat dan kuat.

Menurut Journal of Trichology, beberapa gangguan autoimun dan penyakit terkait tiroid dapat dikaitkan dengan munculnya uban di usia muda.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter jika merasakan sesuatu yang “tidak enak” di dalam tubuh atau buat janji dengan dokter kulit jika melihat ada perubahan besar pada vitalitas kulit atau rambut.

SITI NUR RAHMAWATI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.