Fenomena astronomi belum berakhir sepanjang Juni ini.

Kali ini adalah gerak semu Planet Neptunus yang mulai berbalik arah dari timur ke barat atau menjadi bergerak mundur.

Gerak retrograde ini dimulai pada Selasa dinihari, 28 Juni 2022, dan akan berlangsung hingga 3 Desember mendatang.

“Setelah Selasa, Neptunus akan memulai putaran retrograde ke barat yang akan berlangsung hingga awal Desember,” tulis ahli geofisika Chris Vaughan, astronom amatir dengan Perangkat Lunak SkySafari yang mengawasi kalender peristiwa astronomi.

Bagi yang ingin mengamatinya akan dapat mengamati piringan biru samar Neptunus di teleskop.

Vaughan menjelaskan posisi untuk melihat obyek di langit tenggara antara pukul 2 dan 4 pagi waktu setempat dan akan melihat sekilas penampakan planet dari gas raksasa tersebut.

Waktu yang tepat untuk menyaksikan peristiwa ini bervariasi tergantung pada lokasi spesifik pengamat.

Jika ragu, silahkan memeriksa aplikasi skywatching seperti SkySafari atau perangkat lunak seperti Starry Night untuk memeriksa waktu sesuai lokasi pengamatan.

Pergerakan “mundur” (berhenti lalu berbelok berlawanan arah) planet-planet melintasi langit disebabkan oleh orbit Bumi mengelilingi matahari dan bagaimana perspektif pengamat di Bumi berubah selama perjalanan tahunan melalui ruang angkasa.

“Retrograde loop terjadi ketika Bumi, pada orbit yang lebih cepat lebih dekat ke matahari, melewati planet yang lebih jauh ‘di jalur dalam’,” tulis Vaughan.

“Membuat mereka tampak bergerak mundur melintasi bintang-bintang”.

Semakin jauh dari matahari, semakin lama planet menghabiskan waktu dalam gerakan retrograde nya itu.

Gerak semu Planet Neptunus ini akan berakhir pada 3 Desember 2022 sebelum dia tampak benar-benar bergerak ke arah barat atau berlawanan dari gerak sebelumnya.

29 Jul 2022 03:32 WIB – Planet Jupiter mulai bergerak mundur 24 Aug 2022 20:40 WIB – Planet Uranus mulai bergerak mundur 23 Oct 2022 10:36 WIB – Planet Saturnus mengakhiri gerakan mundur 30 Oct 2022 20:21 WIB – Planet Mars mulai bergerak mundur 24 Nov 2022 06:15 WIB – Planet Jupiter mengakhiri gerakan mundur 04 Dec 2022 06:48 WIB – Planet Neptunus mengakhiri gerakan mundur SPACE, IN THE SKY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.